Generasi Milineal, Harus Menjadi Pemilih Cerdas

Bandar Lampung: KPU Kota Bandar Lampung menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula di SMAN 3 Bandar Lampung, Senin (17/09/2019) Acara yang dikemas dalam kegiatan “KPU Goes to School” itu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang.

Dalam sambutannya, kepala Sekolah SMAN 3, Mahlil, mengatakan, menyambut baik kegiatan KPU yang memilih sekolah mereka sebagai salah satu sasaran sosialisasi pemilu. “ Ini adalah pelajaran tambahan untuk anak-anak kami, yang sangat berguna bagi mereka sebagai warga negara. Apalagi pada pemilu tahun depan mereka akan menggunakan hak pilihnya,” katanya, dihadapan 100-an siswa yang berasal dari beberapa kelas itu.

Komisioner KPU Kota Bandar Lampung yang membidangi SDM, Partisipasi Masyarakat, dan Kampanye, Fadilasari, mengatakan, para pelajar yang kerap disebut generasi milineal, harus menunjukkan partisipasi politiknya pada pemilu mendatang. Generasi milinel itu harus menjadi pemilih cerdas.

“Pemilih cerdas adalah pemilih yang rasional dan objektif, memilih berdasarkan penilaian pribadi, bukan tekanan dari pihak tertentu. Selain itu juga tidak sekedar memilih, artinya teliti calon sebelum memilih, bagaimana visi misi, program, integritas, dedikasi, dan rekam jejaknya,” kata mantan jurnalis itu.

Siswa SMU antusias menjawab pertanyaan komiisioner KPU Kota Bandar Lampung

Fadilasari yang biasa disapa Ila itu menambahkan, pemilih cerdas tidak memilih berdasarkan money politik. ”Mereka harus paham hal-hal teknis pemilu, misalnya mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih, pukul berapa datang ke TPS, dan bagaimana mencoblos yang benar. Dan setelah pastinya, harus menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara,” papar Ila.

Acara KPU Goes to School itu makin meriah karena diselingi dengan pemutaran video pendidikan pemilih dan simulasi pencoblosan di surat suara. Para siswa pun banyak bertanya dan mengajukan pendapatnya tentang pentingnya pelaksanaan pemilu untuk memilih presiden dan wakil rakyat.Diakhir acara, beberapa orang siswa diminta melakukan orasi untuk mengajak temannya menggunakan hak pilih pada pemilu 2019 nanti.

Sebelumnya KPU Kota Bandar Lampung sudah melaksanakan “KPU goes to school” di SMA Negeri 2 Bandar Lampung, ada Jumat (14/9) lalu. Kegiatan serupa akan terus dilakukan di beberapa sekolah lainnya. (Fioren)

Leave a Reply