Pemutakhiran Data Pemilih adalah “Core Business” KPU

Jakarta: KPU RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Tahun 2018 di Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Kemang, Jakarta.
Pelaksanaan Bimtek dibagi dalam tiga gelombang besar, mulai 7-9 November 2017. KPU Propinsi Lampung bersama seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Lampung menjadi peserta Bimtek pada gelombang pertama.

Kegiatan Bimtek dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman didampingi komisioner KPU RI, Viryan dan Evi Manik Ginting. Ketua dan anggota KPU RI serta KPU Propinsi se Indonesia bersama-sama melakukan pemukulan gong sebagai simbol pembukaan kegiatan.

Dalam sambutannya, Arief Budiman menyatakan bahwa pemutakhiran data pemilih adalah “core bisnis’ KPU. Pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih adalah tugas, kewajiban dan tanggung jawab pelayanan utama dan penting bagi KPU selain pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

“Selama ini, seringkali KPU dianggap memanipulasi, menyediakan data pemilih yang semrawut dan tidak akurat serta tidak berkualitas.oleh karena itu, Sidalih (sistem Data Pemilih) harus menjawab permasalahan dan memberikan solusi bagi anggapan buruk masyarakat tersebut. Sidalih harus terus dikembangkan dan diperbaiki untuk menjamin transparansi dan integritas KPU, khususnya dalam pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih,” katanya.

Transparansi dan integritas penyelenggara penting untuk membangun kepercayaan masyarakat (public trust). Selain melalui Sidalih, transparansi dibangun dengan keterbukaan dan penyediaan informasi melalui berbagai sistem informasi kepemiluan lainnya seperti , Sipol, Sitap, Situng, Silon, dan lain sebagainya.

Sementara itu, peserta Bimtek dari KPU Bandar Lampung sebanyak dua orang, yakni komisioner Fery Triatmojo dan Administrator Sidalih, Reva Simangunsong. Pada Bimtek kali ini, KPU RI memperkenalkan aplikasi Sidalih yang terbaru, yakni Sidalih versi 3.1 atau bisa juga disebut Sidalih 2. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yang memperbaiki deteksi kegandaan secara lebih baik dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Menurut Fery Triatmojo, pihaknya akan menggunakan aplikasi Sidalih versi terbaru ini pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Lampung tahun 2018 jika memang sudah ada pedoman dan petunjuk teknis dari KPU RI “KPU Kota Bandar Lampung akan menggunakan versi terbaru untuk memudahkan kerja dan penyediaan informasi secara cepat, tanggap dan tepat. Dalam jangka panjang, Sidalih ini juga berguna sebagai sistem dokumentasi dan digitalisasi data pemilih di Bandar Lampung,” katanya. (Nasya)

Leave a Reply