16 Parpol di Bandar Lampung Memenuhi Syarat

Bandar Lampung– Sebanyak 16 Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2019 dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon peserta Pemilu di tingkat Kota Bandar Lampung. Predikat memenuhi syarat tersebut diputuskan oleh KPU Kota Bandar Lampung dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penelitian administratif dan verifikasi kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu tahun 2019 di Hotel Nusantara, Kamis (08/02/2018).

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, seluruh komisioner KPU Kota Bandar Lampung menandatangani berita acara dan salinannya diberikan kepada Parpol, Panwas, KPU Provinsi dan KPU RI.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Fauzi Heri mengatakan 4 Parpol baru yaitu Perindo, PSI, Berkarya dan Garuda dinyatakan memenuhi syarat dalam masa perbaikan. Sedangkan 12 Parpol lama yang diverifikasi faktual keanggotaannya, langsung dinyatakan memenuhi syarat.

“Awalnya empat Parpol baru belum memenuhi syarat dalam verifikasi faktual keanggotaan. Namun pasca putusan MK, seluruh Parpol lama juga kita Verfak. Empat Parpol baru dan 12 Parpol lama, dinyatakan memenuhi syarat,” jelasnya.

Fauzi menambahkan ada dua Parpol baru yang tidak memenuhi syarat dalam masa penelitian administratif. Kedua Parpol itu adalah Partai Republik dan Partai Idaman. Kedua pengurus Parpol itu tidak mampu memenuhi syarat minimum keanggotaan yakni seribu anggota yang diinput di Sipol.

“Dalam masa penelitian administratif, dua Parpol Idaman dan Republik kita nyatakan TMS (tidak memenuhi syarat, red). Kedua pengurus Parpol itu di tingkat Kota Bandar Lampung tidak mampu melanjutkan proses rekrutmen anggota yang wajib diinput di Sipol minimum seribu anggota,” paparnya.

Selanjutnya Partai Hanura Kota Bandar Lampung juga mengalami pergantian kepengurusan di mana terjadi perubahan Ketua, Sekretaris dan Bendahara menjelang akan dilakukan verifikasi faktual kepengurusan. Partai Hanura dinyatakan memenuhi syarat setelah dua kali dilakukan verifikasi faktual keanggotaan.

“Partai Hanura harus melalui perpanjangan waktu. Di hari pertama Verfak keanggotaan, masih belum dicapai jumlah sample minimum yaitu 50 anggota. Di hari kedua, baru bisa dihadirkan syarat minimal keanggotaan yang namanya telah ada di Sipol untuk dihadirkan di kantor DPC Hanura Kota Bandar Lampung,” pungkasnya.

Ngabehi Kojay

Leave a Reply