Bimtek Verifikasi Parpol

Bandar Lampung– KPU Kota Bandar Lampung melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tata cara pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu legislatif tahun 2019 di Sheraton Hotel, Rabu (27/09/2017). Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh partai politik se-Kota Bandar lampung dengan dihadiri oleh Panwaslu, serta Kesbangpol setempat.

“Tujuan kegiatan bimbingan teknis adalah sosialisasi tata cara verifikasi faktual dan verifikasi administrasi partai politik dan pendaftaran partai politik,” jelas Jainuddin, Sekretaris KPU Kota Bandar Lampung dalam laporan pembukaan Bimtek.

Bimtek yang dilakukan oleh KPU Kota Bandar Lampung ini merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Bimtek ini juga dihadiri oleh operator dari masing-masing Parpol yang sedianya dilakukan simulasi dan pelatihan sistem informasi partai politik (SIPOL). Sayangnya, seluruh seluruh operator Parpol ternyata belum mendapatkan pelatihan pengisian Sipol oleh DPP Parpol masing-masing sehingga simulasi urung dilakukan.

“Partai Politik wajib menginput data mengenai Parpolnya masing-masing sebagai syarat untuk mendaftar di KPU RI. Untuk itu seluruh pengurus Parpol hendaknya mengetahui tahapan, program dan jadwal Pemilu. Info tersebut selain dapat diunduh di website KPU Kota Bandar Lampung juga dapat dilihat di www.jdih.kpu.go.id,” ujar Fauzi Heri Ketua KPU Kota Bandar Lampung pada saat membuka acara.

Di sisi lain Fauzi juga menambahkan KPU Kota Bandar Lampung saat ini terus berupaya memaksimalkan rumah demokrasi sebagai sarana untuk memberikan pendidikan kepada pemilih. Rumah demokrasi merupakan pilot project dari KPU RI dan telah berjalan kurang lebih dua tahun. Rumah demokrasi diharapkan menjadi wadah bagi penggiat demokrasi baik OKP, partai politik, LSM, mahasiswa serta masyarakat yang peduli dengan demokrasi dan pendidikan politik.

“Rumah Demokrasi terbuka bagi siapa saja dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Bandar Lampung. Kami membuka diri untuk dapat dikunjungi dan dimanfaatkan bagi semua lapisan masyakarat, termasuk Parpol. Jika ada kegiatan dapat memanfaatkan rumah demokrasi KPU Kota Bandar Lampung yang rencananya akan kita ubah namanya menjadi Lamban Demokrasi,” pungkasnya.

Ibung Hasbiyah

Leave a Reply