DPSHP Kota Bandar Lampung 636.755 pemilih

Bandar Lampung – KPU Kota Bandar Lampung menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2019, di ruang Solideo Hotel Grand Anugerah, Minggu (22/07/2018). Dalam rapat pleno itu ditetapkan jumlah pemilih tingkat Kota Bandar Lampung dengan jumlah laki-laki sebanyak 320.453 perempuan sebanyak 316.302 dan jumlah total pemilih berjumlah 636.755.

Sekretaris KPU Kota Bandar Lampung Jainuddin mengatakan semua pihak agar mencermati proses rapat pleno DPSHP ini. Jika ada masalah untuk langsung agar dapat segera diperbaiki mengingat data pemilih adalah hal yang sangat krusial.

“Kami, komisioner beserta staf KPU Kota Bandar Lampung dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah berusaha maksimal namun memang hasilnya kami sadari pasti belum sesuai dengan yang diinginkan, maka dari itu harus melibatkan komponen masyarakat untuk bekerjasama membantu penetapan daftar pemilih,” tegasnya.

Rapat pleno terbuka ini dibuka langsung oleh Fauzi Heri selaku Ketua KPU Kota Bandar Lampung serta membacakan tata tertib rapat pleno terbuka penetapan DPSHP pemilu 2019 tingkat Kota Bandar Lampung.

“Jumlah TPS ditetapkan sebanyak 2.763 TPS dengan jumlah pemilih maksimal 300 orang. Kebijakan mengurangi jumlah pemilih itu bertujuan agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dengan lima jenis pemilihan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Sebelumnya dalam Pemilu legislatif tahun 2014 jumlah pemilih maksimal untuk satu TPS berjumlah 600 pemilih,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Bandar Lampung Fery Triatmojo selanjutnya menyampaikan proses perbaikan DPS dengan melibatkan seluruh anggota penyelenggara ad hoc PPK dan PPS. Mereka bertugas melakukan pemutakhiran data pemilih dengan menyisir data by name DPS yang sebelumnya telah diumumkan kepada publik.

“Pemilih baru yang akan kita masukkan sebagai daftar pemilih berasal dari 2 sumber data yang pertama berasal dari DPS dan yang kedua berasal dari tanggapan masyarakat. Pada tanggal 21 Agustus mendatang DPSHP akan ditetapkan menjadi DPT ditingkat Kota Bandar Lampung,” tegas komisioner yang akrab disapa Fery itu.

Wahyu Nita Sari

Leave a Reply