Fauzi Heri: “PPK dan PPS Jangan Terlena!”

Bandar Lampung – Ketua Komisioner KPU Kota Bandar Lampung, Fauzi Heri menghadiri rapat koordinasi penyelenggara tingkat kecamatan dalam rangka pemutakhiran Daftar Pemilih di Kecamatan Teluk Betung Selatan dan Teluk Betung Timur pada hari Selasa (27/03/2018) lalu. Rapat dihadiri oleh Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilgub 2018 dari masing-masing kecamatan.

Dalam pengisian materi, Fauzi Heri menyampaikan bahwa mayoritas masyarakat masih minim kesadaran untuk melakukan pengecekan nama di Daftar Pemilih Sementara (DPS). Sehingga rapat koordinasi dengan para penyelenggara menjadi sebuah momentum yang sangat penting.

“Berdasarkan pengalaman-pengalaman dari Pemilu sebelumnya, sedikit sekali masyarakat yang aktif memeriksa atau mengecek namanya di DPS. Masyarakat yang aktif itu mungkin hanya satu persen, selebihnya hanya menunggu. Ketika namanya tidak ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) baru ketahuan. Oleh karena itu rakor ini sangat penting,” ujarnya.

Fauzi juga menghimbau agar seluruh PPK dan PPS melakukan tugasnya sesuai dengan peraturan yang berlaku agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

“Bekerja dengan niat baik saja tidak cukup karena sebenarnya yang perlu dipedomani adalah bekerja sesuai aturan, sesuai dengan tahapan-tahapan. Saya ingin menyampaikan betapa pentingnya tahapan pengumuman DPS saat ini, jadi saya harap teman-teman PPK dan PPS tidak terlena. Justru kalian harus terus melakukan penyisiran di lapangan.”

Rapat koordinasi ini dipimpin oleh masing-masing korwil 20 kecamatan se-Kota Bandar Lampung selama dua hari berturut-turut. Hasil dari kegiatan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi dan solusi atas temuan di lapangan.

Azma Afina

 

Leave a Reply