Arief Budiman: Inovasi Baru untuk merubah Kultur Penyelenggara

Pekan Baru– Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilu selalu berusaha mebuat inovasi baru dalam pelaksanaan Pemilu. Hal itu ditujukan untuk merubah cara pandang dan cara kerja penyelenggara Pemilu lebih baik lagi. Inovasi baru itu seyogyanya dibuat untuk merubah kultur penyelenggara Pemilu yang biasanya menyelesaikan tahapan Pemilu di penghujung waktu.

“Tanggal 20 Januari lalu, kita membuat inovasi baru dengan melakukan Coklit serentak. Hasilnya seluruh penyelenggara Pemilu KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, PPK dan PPS, bersama-sama mendampingi Coklit yang dilakukan oleh PPDP. Hal ini ditujukan untuk merubah kultur penyelenggara Pemilu yang bekerja last minute,” ujarnya saat membuka Bimtek Pemungutan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, di Pekan Baru, Rabu (21/02/2018).

KPU RI juga akan melakukan gerakan Coklit serentak sedunia pada tanggal 17 April 2018 mendatang. Saat ini perwakilan Republik indonesia tengah membentuk PPLN yang akan dilibatkan melakukan Coklit serentak sedunia.

“Setiap KBRI di 132 negara diberikan akses untuk bisa masuk ke SIAK dan Sidalih by sistem terkoneksi dengan data punya kita. Teman-teman KPU Kabupaten/Kota besok akan merumuskannya dalam Bimtek Sidalih yang dilaksanakan di Yogyakarta, ” jelasnya.

Senada denganya, Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin mengatakan gerakan Coklit serentak yang dilakukan pada tanggal 20 Januari 2018 lalu, telah membuat Pilkada menjadi semarak. Publik menjadi tahu tahapan Coklit yang dilakukan KPU dan jajarannya.

“Meskipun teman-teman KPU telah melaksanakan Coklit sejak dari Pemilu yang lalu, namun dengan gerakan Coklit serentak, Pilkada menjadi semarak dan masyarakat menjadi tahu pekerjaan KPU. Harus ada stimulus dalam kita memeriahkan tahapan Pemilu, meskipun itu hanya bersifat artifisial berupa upload photo di sosial media,” katanya.

Bimtek Pemungutan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara serta sosialisasi Situng pemilihan serentak tahun 2018 dilaksanakan sejak tanggal 21 – 23 Februari 2018, di Hotel Pangeran, Pekan Baru. Kegiatan Bimtek ini menghadirkan Ketua KPU RI Arief Budiman, anggota KPU RI Ilham Saputra dan Evi Novida Ginting Manik, Ketua Komisi II Zainudin Amali, Anggota Bawaslu Mochmmad Afifudin, Ketua DKPP Harjono dan nara sumber dari kelompok disabilitas PPUA Penca.

Fauzi Heri

Leave a Reply