KPU Kota Bandar Lampung gelar rapat pleno penetapan DPS

Bandar Lampung – KPU Kota Bandar Lampung mengadakan rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilihan hasil pemutahiran (DPHP) menjadi daftar pemilih sementara (DPS) dalam rangka Pemilihan Gubernur Tahun 2018. Selasa 13/03/2018. Tiga kecamatan melakukan koreksi atas pleno mereka sebelumnya, yaitu Kecamatan Tanjung Karang Timur, Langkapura dan Sukabumi.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Fauzi Heri saat memberikan sambutan

Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Fauzi Heri mengatakan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) oleh KPU Kota Bandar Lampung ini adalah menetapkan daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) yang telah diplenokan secara terbuka oleh PPK se-Kota Bandar Lampung yang diselenggarakan pada tanggal 9 sampai dengan 10 Maret 2018 yang lalu. DPHP yang dimaksud adalah hasil pemutahiran yang dilakukan oleh PPS dibantu oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di wilayah masing-masing.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PPK, PPS dan PPDP se-Kota Bandar Lampung yang telah melakukan Coklit Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018. Harapan kami data yang dihasilkan benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, semoga jerih payah dan kerja keras saudara-saudara dihitung sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Kami juga mengharapkan kritik dan saran sebagai masukan dari pihak yang berkepentingan untuk kesempurnaan Data Pemilih Sementara (DPS) tersebut,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Bandar Lampung, Fery Triatmojo menyampaikan hasil pemutakhiran data sebelumnya berjumlah total 620.169 pemilih yang kemudian dikoreksi menjadi 619.150, terdiri dari 308.223 pemilih laki-laki dan 310.927 pemilih perempuan.

“Jumlah DPS tersebut didapatkan dari proses coklit dan tentunya pemilih siluman sudah berkurang. Sehingga apabila dilihat dari Pilwakot Tahun 2015, hal menunjukkan adanya perubahan dan perkembangan yang cukup baik. Jumlah pemilih terkoreksi karena tiga kecamatan mengusulkan perbaikan dalam rapat pleno kita dan disetujui oleh Panwas,” tegasnya.

Rapat Pleno dihadiri oleh seluruh komisioner dan staf KPU Kota Bandar Lampung, Ketua Panwaslu Kota Bandar Lampung, pihak kepolisian Kota Bandar Lampung, staf Kesbangpol Kota Bandar Lampung, Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, LO dari pasangan calon nomor urut 1, 2 dan 3 serta PPK se-Kota Bandar Lampung.

Azma Afina dan Wahyu Nita Sari

Leave a Reply