KPU Kota Bandar Lampung Seleksi PPK dengan CAT

Bandar Lampung– KPU Kota Bandar Lampung akan melaksanakan tes tertulis terhadap Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilu Tahun 2019. Bedanya kali ini tes tertulis itu akan dilaksanakan dengan menggunakan Computer Asissted Test (CAT). Pelaksanaan CAT untuk seleksi PPK ini adalah yang pertama kali di seluruh Indonesia.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Fauzi Heri mengatakan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Laboratorium Komputer FMIPA Universitas Lampung. Kerjasama antara kedua lembaga itu dilakukan dengan penyerahan surat permohonan kerjasama dari KPU Kota Bandar Lampung kepada Fakultas MIPA Unila, Senin (05/02/2018).

“Tadi baru saja kita diterima oleh Ketua Jurusan Fakultas MIPA Unila Kurnia Muludi didampingi Sekretaris Jurusan Didik Kurniawan, dan Kepala Laboratorium Komputer Fakultas MIPA Tristiyanto. Kami membicarakan realisasi kerjasama penggunaan lab komputer FMIPA untuk seleksi tertulis PPK,” jelasnya.

Didik Kurniawan menambahkan Calon Anggota PPK yang akan mengikuti CAT dibagi atas tiga kelompok. Kelompok pertama akan mengikuti tes pagi pukul 08.30 WIB, kelompok kedua akan mengikuti tes pukul 10.30 WIB, serta kelompok ketiga akan mengikuti tes pukul 13.30 WIB. Peserta diharapkan sudah hadir di lokasi tes satu jam sebelum pelaksanaan.

“Nomor tes sudah kita random tidak berdasarkan kecamatan. Bagi peserta tes agar mempersiapkan diri dengan hadir satu jam lebih awal sebelum pelaksanaan tes karena akan ada penjelasan dan simulasi terkait teknis pelaksanaan tes. User name dan password akan diberikan direntang waktu tersebut untuk menghindari adanya pengerjaan dari luar lab. FMIPA Unila,” jelasnya.

Materi tes tertulis terdiri dari pengetahuan dasar, pengetahuan kepemiluan dan pengetahuan kewilayahan. Seluruh Calon anggota PPK diminta agar mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil yang terbaik. Pelaksanaan CAT ini akan diikuti oleh sebanyak 185 peserta dari 20 kecamatan se-Kota Bandar Lampung.

Ngabehi Kojay

Leave a Reply