Polresta Bandar Lampung Akan Bangun Taman Demokrasi

BANDAR LAMPUNG – Polresta Bandar Lampung berencana membuat ‘Taman Demokrasi’, sebagai sarana informasi tentang demokrasi dan kepemiluan. Lokasi pembangunan taman sedang dicari tempat yang cocok, yang rencananya akan berada di lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat.

Demikian disampaikan Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Murbani Budi Pitono, ketika berkunjung ke KPU Kota Bandar Lampung, Jumat (20/10/17) siang, didampingi jajarannya, baik dari Polresta maupun dari Polsek Sukarame.  Dalam kunjungan tersebut, Kapolres dan rombongan diterima oleh komisioner KPU Kota Bandar Lampung, Fadilasari dan Ika kartika, serta sekretaris Jainudin.

“Dalam membangun Taman Demokrasi itu kami ingin bekerja sama dengan KPU Kota Bandar Lampung. Polres akan mencari tempat yang cocok, dan KPU memberi materi pendidikan pemilih yang tepat untuk masyarakat, misalnya tahapan pemilu, syarat menjadi pemilih, dan informasi lain yang mengajak warga menggunakan hak pilihnya,” kata Kombes Murbani.

Fadilasari lalu mengajak Kapolres dan rombongan untuk melihat Mahan Demokrasi KPU Kota Bandar Lampung, yang terdiri dari empat ruangan, yaitu ruang aula, simulasi, galeri, dan audiovisual. “Hanya di KPU Bandar Lampung anak SD dan SMP boleh mencoblos, karena kami menyediakan sarana untuk praktek bagi mereka melakukan pemungutan suara sekaligus berperan sebagai petugas pemilihan,” katanya.

Kapolres dan rombongan sangat mengapresiasi Mahan Demokrasi. Di setiap ruangan, Kombes Murbani meminta stafnya untuk memotret dirinya yang berpose bersama komisioner KPU dan sekretaris. “Saya sering mendengar keberadaan Mahan Demokrasi ini di media massa, tapi baru ini bisa melihat langsung. Mudah-mudahan bisa menginspirasi kami dalam membangun Taman Demokrasi,” ujarnya.

KPU Bandar Lampung Maksimalkan Mahan Demokrasi
Bandar Lampung: KPU Kota Bandar Lampung terus memaksimalkan kegiatan pendidikan pemilih melalui sarana Mahan Demokrasi. Selain program “KPU Goes to Kampus”, Mahan Demokrasi juga melakukan kegiatan yang menyasar berbagai segmen masyarakat.

“Kami baru saja melakukan pendidikan pemilih yang menyasar kelompok perempuan, kelompok pemuda, dan pemilih pemula. Dalam waktu dekat, di bulan November, KPU akan datang ke pemilih disabilitas, panti asuhan, dan kelompok ulama,” kata ketua pokja Mahan Demokrasi KPU Kota Bandar Lampung, Fadilasari.
Sementara untuk meningkatkan pelayanan di Mahan Demokrasi, KPU akan menggelar “Penguatan Kapasitas Pelayanan Prima”, pada 17-18 November mendatang. “Pesertanya adalah semua staf dan komisioner KPU Kota Bandar Lampung,” ungkapnya.

Untuk semakin memperkuat program pendidikan pemilih, sambung ketua Divisi SDM, Parmas, dan Kampanye, itu KPU akan membuat leaflet dan brosur yang akan disebar ke sekolah-sekolah. Isinya tentang profil Mahan Demokrasi sejak awal dibentuk tahun 2015 lalu, dan perkembangannya hingga saat ini. Selain itu ada pula tentang pengertian seputar Pemilu dan tahapan Pemilu, yang informasinya sangat dibutuhkan oleh para pemilih dan calon pemilih dari berbagai segmen.

“Harapan kami, Mahan Demokrasi akan semakin dikenal oleh masyarakat. Sehingga masyarakat tak segan-segan untuk berkunjung dan memanfaatkan sarana yang ada di Mahan Demokrasi tersebut, seperti berdiskusi tentang politik, maupun sekedar kunjungan,” ujar Fadilasari. (Esa)

Leave a Reply