PPS Pileg dan Pilpres dilantik

Bandar Lampung – Komisioner KPU Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi bersama para staf menghadiri Pelantikan Pengambilan Sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dalam rangka monitoring lapangan di Kecamatan Enggal, Kamis (08/03/2018) lalu. Pelantikan PPS ini dilakukan serentak di 20 kecamatan se-Kota Bandar Lampung.

Turut hadir dalam pelantikan ini Plt. Camat Enggal, Samsu Rizal. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pesan agar PPS yang telah dilantik dapat bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena ketika terdapat pelanggaran, maka akan berurusan langsung dengan aparat hukum.

“Saya berharap Bapak dan Ibu bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena hal ini nanti berurusan dengan hukum, jangan ada intervensi dari siapapun. Kami sebagai fasilitator siap untuk men-suport kalian,” ujarnya.

Bagi Samsu Rizal, tugas PPS dapat dikatakan berhasil apabila Pileg dan Pilpres dapat dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, jujur dan adil (luberjurdil) serta tingkat partisipasi mencapai 75%. Pada pemilihan sebelumnya, tingkat partisipasi Kecamatan Enggal hanya sekitar 56% sehingga diharapkan agar terjadi peningkatan.

“Saya ucapkan selamat bekerja. Semoga semuanya berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” tanbahnya lagi.

Sementara itu Anggota KPU Kota Bandar Lampung Dedy Triyadi meminta kepada seluruh PPS yang dilantik agar bekerja dengan baik. Soliditas antara penyelenggara Pemilu di setiap tingkatan juga wajib untuk dijaga agar bermuara kepada suksesnya pelaksanaan Pemilu.

“Koordinasi harus dikedepankan agar terbangun soliditas antara penyelenggara Pemilu di setiap tingkatan. Bekerjalah sesuai dengan yang telah diatur dalam regulasi, jika mengalami kendala segera berkoordinasi dengan PPK,” pintanya.

Berbeda dengan pelantikan PPS Pilgub yang digelar serentak di KPU Kota Bandar Lampung, pelantikan PPS untuk Pemilu tahun 2019 dilakukan di 20 kecamatan yang ada di Kota Bandar Lampung. Pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin ketua PPK masing-masing dengan dihadiri unsur pimpinan kecamatan setempat.

Azma Afina

Leave a Reply