Sebanyak 10 Ribu Blanko KTP-El Diterima Disdukcapil

BANDAR LAMPUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung kembali menerima blanko KTP-El sebanyak 10 ribu keping. Blanko tersebut diambil langsung oleh Disdukcapil Kota Bandar Lampung dari Direktorat Jendral (Dirjen) Dukcapil. “Sebelumnya mendapat 4 ribu keping,” kata Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung A Zainuddin saat memantau proses perekaman KTP-El di SMAN 1 Bandar Lampung, Kamis (26/10/2017).

Blanko yang diterima Disdukcapil pun tidak selalu sama jumlahnya. Sebelum menerima 4 ribu blanko, Disdukcapil telah membagikan 7 ribu blanko. Total blanko yang sudah tersebar sebanyak 11 ribu keping. “Ini ditambah 10 ribu,” kata Zainuddin.

Untuk pencetakan KTP-El, kata Zainuddin didahulukan masyarakat yang melakukan perekaman sebelum Mei 2017. Tahun ini, kata Zainuddin pendataan KTP-El diperkirakan sudah mencapai 90 persen dari total penduduk Kota Bandar Lampung. “Tapi nggak bisa pasti, karena selalu berubah,” kata dia.

Perekaman ke sekolah-sekolah pun, kata Zainuddin untuk mempercepat pendataan. Disdukcapil Kota Bandar Lampung memberikan kado special yang diberi nama ‘seventeen’. Ini diartikan bahwa siswa-siswi SMA sederajat yang telah berumur minimal 17 tahun saat pendataan akan mendapat perekaman KTP-El di sekolah. “Untuk di SMAN 1 Bandar Lampung diperkirakan akan terekam sekitar dua ratus siswa,” kata dia.

Program keliling ke sekolah ini pun dimaksudkan agar siswa-siswi yang berumur 17 tahun keatas bisa memiliki kepastian hukum. Kedepan, tahun 2018 pun siswa-siswi sudah mendapat hak pilih. “Per sekolah kami (Disdukcapil) beri waktu dua hari,” kata dia.

Untuk melakukan perekaman pun mudah. Zainuddin mengungkapkan hanya butuh salinan Kartu Keluarga (KK) dan satu foto berwarna ukuran 3×4. Ia mengimbau warga Bandar Lampung yang belum melakukan perekaman agar segera ke kantor kecamatan terdekat. “Atau bisa langsung ke Disdukcapil,” kata dia. (Esa)

Leave a Reply