Sebanyak 378 PPS Siap Jalankan Tugas

BANDAR LAMPUNG – Usai dilakukan pengambilan sumpah, sebanyak 378 Panitia Pemungutan Suara (PPS) siap menjalankan tugas mulai hari ini, Jumat (10/11/2017) siang. PPS ini, kedepan akan memikul tugas berat, yaitu menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) di masing-masing kelurahan. “PPS ini perpanjangan tangan KPU di tingkat kelurahan,” kata Ketua KPU Kota Bandar Lampung Fauzi Heri saat memberikan sambutan usai melakukan pengambilan sumpah di Gedung Semergow pemerintah daerah setempat, Jumat (10/11/2017) siang.

Ia berpesan kepada PPS agar memahami kondisi lingkungan kerja. Karena nantinya akan banyak kejadian yang tidak ada di buku. “Terkadang teori berbeda dengan kenyataan, itu perlu diantisipasi,” kata Fauzi.

Saat ini, kata Fauzi berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dijelaskan usia minimal penyelenggara pemilu tingkat kecamatan dan kelurahan ialah 17 tahun, yang sebelumnya 25 tahun. Ini menandakan anak muda diberi kepercayaan oleh pemerintah. “Sumbangan pikiran dan tenaga anak muda sangat dibutuhkan,” ujar Fauzi.

Jika banyak kalangan berpandangan miring terhadap anak muda, maka harus dibuktikan dengan kerja nyata. Peranan anak muda harus signifikan pada pemilu kali ini. “UU ini membuktikan anak muda mampu diberi amanah melaksanakan pemilu,” kata dia.

Pada pemilu sebelumnya, Fauzi mengatakan banyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang kurang baik, maka dengan adanya anak muda harus bisa harus berbeda. Pemutakhiran data pemilih harus dilakukan dengan pencocokan dan penelitian data. “Data dari Pemda dicocokkan dengan DPT pemilu terakhir, dan dilakukan verifikasi faktual,” ujar Fauzi.

Lebih lanjut, Fauzi mengimbau PPS agar kerja tak menunggu perintah. Karena nantinya menjelang pemilu, pekerjaan akan seperti air tumpah. “Apa yang bisa dikerjakan, langsung kerjakan,” kata dia. (ESA)

Leave a Reply