Seleksi CAT PPK di Bandar Lampung diapresiasi KI Lampung

Bandar Lampung– Sebanyak 185 orang calon anggota Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 20 Kecamatan yang ada di Bandar Lampung, mengikuti tes tertulis berbasis komputer atau Computer Asissted Test (CAT) yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Fakultas MIPA Unila, Rabu (07/02/2018). Pelaksanaan CAT ini bahkan mendapat kunjungan dari Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Fauzi Heri mengatakan CAT dipilih untuk menghasilkan calon PPK yang berkualitas. Harapannya ketika mereka terpilih dan bertugas, nantinya akan dapat bekerja secara cepat, tepat dan akurat dalam menyelenggarakan dan menyelesaikan permasalahan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019.

“Kita memilih sistem CAT untuk menseleksi calon yang berkualitas dalam rangka membangun merit system. Dengan CAT ini kita memberikan transparansi kepada peserta tes karena mereka langsung mengetahui nilai tes yang dikerjakan,” jelasnya.

Ketua Komisi Informasi Lampung Derry Hendriyan datang khusus untuk memantau langsung pelaksanaan CAT. Ia memberikan apresiasi kepada KPU Kota Bandar Lampung yang telah mempelopori transparansi dalam hal perekrutan penyelenggara Pemilu ad hoc.

“Komisi Informasi memberikan apresiasi atas pelaksanaan CAT untuk seleksi PPK ini. Apalagi ini adalah yang pertana di Indonesia. Saya datang ke lokasi tes karena membaca di media,” ujarnya.

Fauzi menambahkan tes dibagi dalam tiga sesi yaitu pukul 08.30 WIB, pukul 10.30 WIB dan pukul 13.30 WIB. Para peserta, baru diberikan user name dan password di lokasi tes. Hal itu untuk memproteksi kemungkinan adanya peretas.

“Kami optimis dengan CAT ini, mampu menghasilkan PPK yang berkualitas. Setelah CAT, mereka akan mengikuti seleksi lanjutan berupa tes wawancara,” tegasnya.

Ngabehi Kojay

Leave a Reply