Gaung Rumah Demokrasi Harus Diperkuat

Bandar Lampung: Apel setiap Senin pagi adalah terobosan yang dilakukan oleh KPU Kota Bandar Lampung, untuk meningkatkan semangat kerja dan kinerja. Setiap Senin pagi itu, secara bergantian komisioner, sekretaris, dan Kasubbag menjadi pembina apel.

Pada apel Senin (22/8) ini komisioner KPU Kota Bandar Lampung, Fadilasari, menjadi pembina upacara. Dalam pengarahannya, Fadilasari mengatakan, meskipun sedang tidak dalam tahapan Pemilu, KPU Kota Bandar Lampung masih melaksanakan tugas-tugas penting, diantaranya adalah Pendidikan Pemilih.

Hal ini berkaitan dengan ditetapkannya KPU Kota Bandar Lampung, sebagai Pilot Project Pusat Pendidikan Pemilih, dari KPU RI, sejak 2015 lalu. “Masih ada dua kegiatan lagi yang belum kita lakukan di tahun ini. Dua kegiatan itu harus segera kita tuntasnya hingga September mendatang,” katanya.

Dalam tahun ini sesuai instruksi dari KPU RI, KPU yang menjadi pilot project harus melaksanakan setidak-tidaknya empat kegiatan pendidikan pemilih.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat itu menyatakan, selama ini banyak yang mempertanyakan apa kerja KPU bila sedang tidak Pemilu. “Melalui program Pusat Pendidikan Pemilih inilah peran KPU harus ditegaskan, bahwa kita bekerja terus, baik saat tahapan maupun tidak ada tahapan Pemilu. Gaung Rumah Demokrasi KPU Kota Bandar Lampung harus lebih diperkuat,” kata mantan jurnalis Metro TV ini.

Ke depan, diharapkan para pelajar maupun mahasiswa di kota Bandar Lampung dapat lebih memanfaatkan Rumah Demokrasi ini sebagai media pembelajaran demokrasi dan kepemiluan. “Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, agar program KPU Kota Bandar Lampung ini dapat tersoalisasikan ke sekolah-sekolah,” katanya. (Fioren)