Retna Elyasari, Hidup Bersama Passion

Bandar Lampung– Berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ternyata tidak menghalangi hobi seseorang. Apabila bisa mensinergiskan hobi dengan pekerjaan, maka hobi itu justru dapat menjadi passion yang menjadi nilai lebih. Retna Elyasari, contohnya. ASN yang mengabdikan dirinya di sekretariat KPU Kota Bandar Lampung itu menjadikan hobinya bermusik sebagai passionnya dan berfungsi pula sebagai pendukung tugas-tugas sosialisasi kepemiluan yang diembannya.

Retna Elyasari lahir di Bandar Lampung, 12 Maret 1986. Saat ini ia terdaftar sebagai salah satu staf Subbag Program dan Data KPU Kota Bandar Lampung. Namun dibalik kesehariannya sebagai seorang ASN, perempuan yang akrab disapa Nana ini ternyata memiliki kegemaran yang erat dengan dunia seni. Ya, Nana hobi menyanyi dan bermain piano.

Bukan hanya sekedar menjadi hobi, di bidang tarik suara Nana pernah menjadi juara lagu keroncong tingkat nasional. Nana dekat dengan dunia keroncong sejak usia lima tahun karena profesi sang ibu yang merupakan penyanyi keroncong senior di Lampung. Sedangkan sang ayah juga berkecimpung di dunia tarik suara serta berbagai macam alat musik, seperti piano dan gitar.

“Ayah dan ibu saya juga memiliki hobi bermusik. Ibu penyanyi keroncong dan ayah mahir memainkan gitar dan piano,” jelasnya ketika di wawancarai Reporter www.kpu-bandarlampungkota.go.id, Selasa (23/01/2018).

Anak pertama dari dua bersaudara ini merupakan alumni SMP Negeri 8 Bandar Lampung, SMU YP Unila Bandar Lampung, serta Perguruan Tinggi Darmajaya Jurusan Sistem Informasi Komputer. Ia mendapatkan gelar sarjana pada tahun 2009. Sebelum bekerja di KPU Kota Bandar Lampung, ia pernah bekerja di Pemberdayaan Perempuan pada tahun 2007 serta KPU Kabupaten Mesuji pada tahun 2010.

“Saya diterima menjadi ASN di Sekretariat KPU Kabupaten Mesuji. Karena alasan mendekati tempat tinggal, saya akhirnya pindah ke KPU Kota Bandar Lampung pada tahun 2015,” terangnya.

Dengan berbekal motto hidupnya yaitu menjadi diri sendiri, Ibu dua anak itu selalu termotivasi untuk terus bersemangat dalam mengejar passion dan menghasilkan sesuatu karya. Statusnya yang juga merangkap menjadi ibu rumah tangga, tidak menghalanginya untuk menunaikan pengabdian kepada negara dengan optimal.

“Jadi kesibukan sehari-hari saya itu kalau lagi ngga kerja di hari libur, sering dapet job make up. Di beberapa event KPU Kota Bandar Lampung juga saya ditugaskan menyanyikan lagu jinggle KPU dan kerap juga menjadi MC. Semua itu memotivasi saya untuk terus bersemangat,“ tegasnya.

Sejak remaja, Nana memang mendapatkan penghasilan tambahan melalui bidang tarik suara. Ia bahkan telah menelurkan album rekaman yang pernah diedarkan di Provinsi Lampung. Hadiah berupa uang tunai juga sering ia dapatkan dari berbagai lomba menyanyi yang dimenangkannya. Meskipun tidak lagi bernyanyi untuk menambah penghasilannya, saat ini Nana mengembangkan kemampuan dirinya dengan menjadi perias atau make up artis yang juga menambah pundi-pundi tabungannya.

“Kalau dulu waktu dari SMA sampai kuliah dari perlombaan sampai rekaman aja sih dapat uangnya. Sekarang saya mengalihkan passion saya ke bidang make up artis,” pungkasnya.

Azma Afina

Leave a Reply